Sabtu, 15 September 2012

Tiga Tempat Bersujud


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
 
Sama halnya dengan Kang Nurudin Abi Sabila, kalo saya ditanya kemana tempat yang paling ingin saya datangi adalah Makkah, Madinah dan satu lagi Masjidil Aqsho. Walo dua tempat itu alhamdulillah sudah pernah saya datangi, masih saja setiap hari, hati ini merindukannya. Bahkan kerinduan itu bertambah-tambah, ketika musim haji tiba ato mendengar tetangga berangkat umroh. Ini bukan masalah iri, bahkan saya merasa sangat senang jika ada sodara ato tetangga yang berlomba-lomba dengan tulus ikhlas mencari ridho Alloh dengan menunaikan ibadah haji ato menjalankan umroh.

Lalu, kenapa saya ingin bersujud di tiga tempat suci ini ?. Tidak lain karena, sebuah hadits dari Abu Hurairah Radiallahu Anhu dari Nabi Muhammad Sallallhu 'alaihi Wasallam  sabdanya : "Tidak dianjurkan mendatangi suatu tempat dengan maksud mendekatkan diri (taqarrub) kepada Allah, kecuali ketiga masjid. Masjidku ini (Masjid Nabawi), Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha (HR. AL Bukhori dan Muslim)

Ummul Quro Makkah Al Mukarromah
Adalah tempat yang sangat beruntung di muka bumi ini. Karena tempat ini mendapatkan banyak keutamaan. Dr. Thalal bin Muhammad Abu An Nur telah menyusun sekitar 40 hadits tentang keutamaan kota Suci Mekkah.Yang kalo saya ambil garis besarnya, adalah:
  1. Terdapat Baitulloh, sebagai kiblat dan tempat peribadatan kaum muslim. Ibnu Abbas ra menyatakan bahwa Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya Allah menurunkan 120 rahmat untuk para penziarah rumah-Nya (Ka’bah) yang suci, 60 rahmat diberikan kepada orang-orang yang thawaf, 40 rahmat kepada orang-orang yang melakukan shalat, dan 20 rahmat diberikan kepada orang-orang yang memandang rumah-Nya" (Hadist Hasan riwayat Baihaqi).
  2. Terdapat Hajar Aswad, Dari Ibnu Abbas ra. bahwa Rasulullah SAW bersada, “Demi Allah, Allah akan membangkit hajar Aswad ini pada hari qiyamat dengan memiliki dua mata yang dapat melihat dan lidah yang dapat berbicara. Dia akan memberikan kesaksian kepada siapa yang pernah mengusapnya dengan hak.” (HR Tirmizy, Ibnu Majah, Ahmad, Ad-Darimi, Ibnu Khuzaemah, Ibnu Hibban, At-Tabrani, Al-Hakim, Al-Baihaqi, Al-Asbahani).
  3. Terdapat Masjidil Haram, yang merupakan masjid pertama yang dibangun di permukaan bumi. Sekali shalat di sini, memiliki 100.000 kali keutamaan jika dibandingkan dengan masjid lain. Saya mencoba menghitung, jika kita shalat 1 kali di masjdil Haram itu Insya Alloh sama dengan kita sholat berjamaah di masjid tanah air selama dua tahun berturut-turut tanpa pernah putus. Subhanalloh. 
  4. Terdapat sumber mata air terbaik yang ada di bumi, yaitu air Zam Zam.  “Air zam-zam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang maka Allah mengenyangkanmu. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail.” (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas). 
  5. Merupakan  Tanah Haram (disucikan) sampai hari kiamat
  6. Tidak pernah bisa dimasuki Dajjal, dari Anas bin Malik ra, Nabi SAW bersabda, "Tidak ada suatu negeripun yang tidak akan dijejaki oleh Dajjal kecuali Makkah dan Madinah ...(HR At Tirmidzy dan Imam Ahmad, dan dishahihkan oleh Albany).
  7. Di Tanah Suci ini pula tempat lahirnya risalah dan turunnya wahyu, yaitu Al Qur'an.
Maka tidak heran, ketika kita memasuki tanah suci Mekah, suasananya amat menyejukkan hati. Apalagi ketika memasuki lingkungan Masjidil Haram, ingin rasanya hidup ini terus berada di situ, karena tidak ada sedetikpun waktu terlewat selain untuk mendulang pahala kebaikan. Shalat, thawaf, tilawah, berdzikir, bersedekah, dan apapun kebiasaan-kebiasaan shalih lainnya.

Demikian pula ketika kita berada di Madinah Al Munawaroh. Kota yang sangat identik dengan Baginda Rasululloh SAW ini juga merupakan kota yang sangat istimewa. Ketika kita berada disekitar Masjid Nabawi, ketenangan dan kenyamanan bisa kita rasakan. Bahkan keharuan akan menyentuh nurani kita, ketika kita berziarah ke Makam Rosululloh SAW dan dua orang sahabatnya Abu Bakar  ra dan Umar bin Khatab Ra yang berada di dekat Roudho.

Selain sebagai Tanah Haram, keistimewaan shalat di Masjid Nabawi ini adalah memiliki keutamaan 1000 kali jika dibandingkan dengan shalat di tanah air. Roudho adalah merupakan bagian dari Masjid Nabawi yang tidak pernah sepi dari orang-orang yang bermunajad, karena merupakan salah satu tempat yang mustajabah. Maka tidak heran, di sinilah tetesan air mata dan sesenggukan seringkali terdengar karena nikmatnya bermunajad, dan nikmatnya sujud.

Setiap kali mengingat Masjid Al Aqsho, kesedihan akan menjalar dihati muslimin sedunia. Betapa tidak, masjid yang pernah menjadi kiblat sholat sebelum diperintahkan untuk pindah ke Ka'bah di Masjidil Haram ini, telah menjadi bulan-bulanan Zionis Israel sejak tahun 1967.

Masjid Al Aqsho dibangun oleh salah satu Khalifah pada masa kekuasaan Bani Umayyah, Abdul Malik bin Marwan. Tujuannya untuk menjaga batu (Shakhrah) yang merupakan tempat Rasulullah berangkat melakukan mi’raj ke langit bersama Malaikat Jibril as.

Tentang Masjid ini tidak banyak yang saya ketahui, hanya rasa penasaran yang sangat tinggi sering kali hadir. Penasaran ingin bersujud di dalamnya. Bahkan, yang sering saya bayangkan adalah mendatangi ketiga tempat itu lengkap dengan istri dan ketiga anak saya. Betapa indahnya surga dunia, jika kami berlima sama-sama bermunajat di tiga tempat bersujud yang sangat istimewa dan penuh barokah ini, semoga amin.
***
"Semoga kita dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat"
Wallahu a`lam bish-shawab
semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar