Sabtu, 15 September 2012

Sekitar 3 juta lebih Calon Jamaah Haji Wukuf di Arafah


Bismillahirrohmanirrohiim,
Assalamu'alaikum warrahamatullahi wabarakatuh sodaraku,
Minggu sore kemarin mendapat SMS dari Sodara yang berada di tanah Suci, bahwa hari ini seluruh calon jamaah haji telah mengadakan persiapan untuk diberangkatkan menuju Arafah. Insya Allah kalau demikian hari senin  15 Nopember 2010/1431 H adalah pelaksanaan wukuf di Padang Arafah. Nah saya akan menulis postingan berkaitan dengan wukuf

Persiapan Wukuf
Pada tanggal 8 dzulhijah atau kemarin minggu, jamaah dari mekah diangkut dengan bus menuju Arafah yang berjarak sekitar 25 km. Dari Pemondokan sudah mengenakan pakaian ihram, dan mengambil miqat haji. Oleh karena miqat dari pemondokan Mekah, berarti sejak berangkat sudah menetapkan Niat haji. Sepanjang perjalanan menuju Arafah seluruh jamaah haji terus menerus bertalbiyah. 

Wukuf hukumnya wajib bagi calon jamaah haji, karena siapa yang tidak melakukannya hajinya tidak sah. Maka tidak heran seluruh calon jamaah haji yang lebih dari 3 juta tumplek blek di arafah. Yang tua, yang sakit, yang berhalangan menstruasi semua harus berada di arafah ketika waktu wukuf tiba.

Jamaah hanya membawa tas tentengan, sementara tas koper besar ditinggal di pemondokan. Selain membawa alat untuk mandi selama sekitar 4 - 5 hari, sebaiknya jamaah membawa beberapa makanan tambahan seperti mie instan agar tidak terulang lagi kasus 1427 H.

sesampai di Arafah, seluruh jamaah ditempatkan dalam tenda-tenda yang telah disediakan berdasarkan maktab masing-masing. Seluruh kebutuhan akomodasi mulai dari makan, minum, snack dan buah termasuk ditanggung maktab. Sebaiknya selesai shalat isya' langsung istirahat dan tidur untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, karena besok merupakan puncak dari ibadah haji yaitu wukuf. 


Pelaksanaan Wukuf
  1. Wukuf diawali dengan kutbah wukuf yang dilaksanakan setelah matahari tergelincir  pada 9 dzulhijah sampai matahari terbenam
  2. Wukuf menghadap ke arah kiblat, kalau tidak panas akan lebih baik dilaksanakan di luar tenda tanpa atap
  3. selesai kutbah wukuf, melaksanakan shalat dhuhur yang dijamak  qasar dengan asar. Sekali adzan dan dua iqamah
  4. Oleh karena waktu wukuf sekitar 4 jam lebih, karena selepas maghrib seluruh jamaah dipindah ke muzdalifah. Sedikitnya waktu harus dimanfaatkan dengan memperbanyak dzikir, memperbanyak introspeksi diri (muhasabah) di hadapan Allah swt,  tilawah, istighfar,

Makna Wukuf 
Menurut kamus secara harfiyah, arafah berasal dari kata ‘arrafa yang artinya memperkenalkan. Akar katanya adalah ‘arafa yang artinya mengenal atau mengetahui. Dari sini berkembang kata arif (bijaksana), ma’ruf (kebaikan)., ma’rifah (pengetahuan yang mendalam tentang sesuatu), ta’aruf (saling berkenalan) hingga ‘urf (adat kebiasaan).

Sebagaimana Sabda Nabi, Al-hajju 'Arafah'', maksudnya adalah inti dan puncak haji adalah melaksanakan wukuf di Arafah. Arafah berarti mengenal, mengetahui, dan menyadari. Sedangkan makna wukuf adalah berdiam diri. maka makna wukuf di Arafah adalah berdiam diri untuk melakukan introspeksi diri tentang perjalanan hidupnya sejak akil baliq hingga dia berada saat ini.Menimbang, dan mengukur proses perjalanan hidupnya. Seberapa banyak keshalehan yang telah dilakukan dan sebaiknya. Maka jangan heran, ketika proses wukuf terdengar isak tangis saling bersautan

Dengan wukuf di Arafah tersebut, orang-orang yang melaksanakan haji diharapkan menjadi arif dan sadar akan eksistensi dirinya, dari mana ia berasal dan ke mana ia akan pergi, sadar akan tugas dan tanggung jawabnya, serta memanifestasikan dan mengaplikasikan kesadaran tersebut dalam bentuk tindakan konkret dalam kehidupan pribadi dan kehidupan masyarakatnya. Haji juga melatih manusia melepaskan diri dari selera konsumtif, cinta harta, hawa nafsu, amarah, dan berkata keji atau perkataan kotor.

Keistemewaan wukuf di arah, dalam hadist yang diriwayatkan Muslim, Aisyah ra menceritakan bahwa Baginda Rasulullah saw bersabda:
"Tidak ada hari yang di dalamnya Allah swt membebaskan lebih banyak hamba-Nya dari neraka daripada hari Arafah. Allah mendekat lalu membanggakan orang-orang yang wukuf kepada Malaikat seraya berfirman: "Apa yang mereka inginkan?"
Dari Abu Darda' ra, Rasulullah saw bersabda:
"Tidak ada suatu hari yang di dalamnya syetan terlihat lebih kecil, tersungkur, hina dan marah daripada yang terlihat di arafah. Itu desebabkan karena dia menyaksikan turunnya rahmat dan ampunan Allah swt" (HR Malik dan Hakim)
Terakhir semoga Allah swt memberikan kemudahan pada seluruh jamaah calon Haji 1431 H dalam melaksanakan wukuf. Dan bagi kita di tanah air diberikan kekuatan dan keiklasan dalam melaksanakan puasa arah.

Untuk Keluargaku yang sedang menjalankan Wukuf di Arafah saat ini:
Mas Dolat S, Mbak Lies N, Mbak Lina S, Mbak Yoen RY, Mbak Aan RN.
kami di tanah air selalu mengiringkan doa agar tercapai haji yang mabrur dan meningkatkan keshalehan pribadi yang membias pada keshalehan sosial. amiin. Kami menunggu kedatanganmu

Untuk sahabat Blogger yang menjalankan ibadah puasa dzulhijah, semoga kita mendapat ampunan dosa setahun yang lalu dan setahun ke depan.

Wallahu a`lam bish-shawab, 
semoga bermanfaat
wassalamu `alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar